Air Terjun Tirtasari

Magetan, Investigasi : Air Terjun Tirtosari memiliki ketinggian terjunan sekitar 50 meter, mengalir turun ke bawah melalui celah yang diapit oleh batu-batu terjal. Di lokasi air terjunnya sudah dibangun dua anak tangga dari beton sehingga mudah dilewati oleh para pengunjung. Air terjun ini berada di ketinggian 1200 m dpl.
Menurut kepercayaan yang beredar di masyarakat, membasuh muka dengan air dari air terjun tersebut bisa membuat seseorang awet muda dan tampak cantik.
Lokasi air terjun ini terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, kabupaten Magetan. Air Terjun Tirtosari ini berjarak kira-kira 2,5 Km sebelah barat daya dari Telaga Sarangan, dan dapat ditempuh dengan dengan mobil atau motor sejauh 1,5 km, selebihnya harus ditempuh dengan berjalan kaki atau naik kuda sekitar 1 km.  Jalan setapak menuju air terjun ini termasuk mudah dilewati karena sudah dibangun dengan baik. Hanya saja, ketinggian tanjakan dan tingkat kemiringan bukit yang dipunyainya cukup terjal sehingga menguras banyak tenaga saat melewatinya
Sedangkan untuk menuju Telaga Sarangan Magetan itu sendiri dapat ditempuh dari berbagai arah dengan mudah baik menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.  Kondisi jalan yang ada menuju kesana sudah beraspal baik.
Jika dari arah barat  (Surabaya) dapat menempuh rute perjalanan sebagai berikut: Surabaya - Mojokerto - Jombang - Kertosono - Nganjuk - Madiun/Ngawi - Magetan (kota) - Telaga Sarangan. Sedangkan jika dari dari kota Ponorogo, ada dua pilihan rute perjalanan; satu lewat Ngawi - Magetan (kota) - Telaga Sarangan dan satu lagi lewat Madiun - Magetan (kota) - Telaga Sarangan.  Untuk arah dari Jawa Tengah bisa menempuh perjalanan lewat Maospati - Magetan (kota) - Telaga Sarangan atau lewat Karanganyar - Solo (Tawangmangu) - Cemoro Sewu Gunung Lawu - Telaga Sarangan.
Para pengunjung yang akan melakukan pendakian untuk menuju ke Air Terjun Tirtosari tidak perlu khawatir karena kondisi jalannya sudah sangat baik dan beraspal mulus. Sementara itu, menurut legenda yang beredar di masyarakat ada kepercayaan di masyarakat sekitar bahwa jika membasuh muka dengan air di air terjun tersebut dapat membuat seseorang menjadi awet muda dan tampak cantik/tampan.

Untuk harga tiket masuknya ke tempat wisata air Terjun Tirtosari sendiri adalah Rp 7000/orang dan ada pemandu jika para penelusur membutuhkan pemandu. Sepanjang perjalanan menuju air terjun para penelusur akan di suguhi pemandangan yang sangat indah dan udara yang sangat sejuk sekali karena memang tempat wisata tersebut masih di lereng gunung Lawu. Rasa capek dan lelah para penelusur akan terbayarkan oleh air Terjun Tirtosari yang sangat indah sekali.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100